Tips hari pertama kerja sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama jika baru kali pertama masuk kantor. Hal tersebut karena hari pertama akan memberikan kesan tersendiri kepada karyawan lain.
Karyawan lain pasti akan menilai bagaimana karakter atau perilakumu sehingga perlu untuk memberikan kesan yang baik. Sayangnya, tidak jarang seseorang justru melakukan kesalahan ketika baru masuk.
Kesalahan tersebut terkadang terjadi karena terlalu gugup atau takut. Akan tetapi, kesalahan juga bisa terjadi karena seseorang tidak menyadari bahwa sikap atau perilakunya kurang tepat untuk dilakukan.
Growdo.id merupakan platform persiapan memasuki dunia kerja yang berfokus dalam memberikan informasi persiapan memasuki dunia kerja. Growdo.id pun fokus pada memberikan layanan berupa pembuatan Curriculum Vittae, Simulasi Interview Kerja, Assessment Pra-Kerja, Konsultasi Karier dan Mentoring Siap Masuk Kerja.
Hindari Ini Pada Hari Pertama Kerja
Karyawan baru sering kali merasa gugup atau bingung harus melakukan apa saat baru bekerja. Bagi seorang karyawan baru, hendaknya perlu menghindari beberapa hal berikut ini sehingga bisa menciptakan kesan positif.
1. Datang Terlambat
Tips hari pertama kerja yang sangat penting untuk diperhatikan ialah menghindari datang terlambat. Usahakan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelumnya supaya bisa datang tepat pada waktunya.
Ketika datang terlambat, orang lain atau bahkan atasan akan melihatnya sebagai satu kesan buruk. Jika tidak ingin mengalaminya, ada beberapa tips untuk bisa dilakukan sebelum hari H.
Tipsnya adalah dengan mempersiapkan segala sesuatu yang perlu dibawa bekerja. Setelah semuanya siap, hindari tidur terlalu larut dan jangan lupa menyetel alarm setidaknya 2 jam sebelum berangkat supaya tidak terlambat.
2. Takut Bertanya
Saat baru masuk ke kantor, Anda akan bertemu dengan lingkungan baru dan mungkin belum begitu memahami jobdesk. Oleh sebab itu, hindari takut bertanya karena itu akan menyulitkan proses adaptasi.
Oleh sebab itu, beranikan diri untuk bertanya kepada atasan dan rekan kerja sehingga tahu apa yang harus dilakukan. Beranikan juga untuk mengomunikasikan segala sesuatu atau sekadar menyapa orang lain.
3. Bersikap Antisosial
Tips hari pertama kerja berikutnya adalah hindari bersikap antisosial atau takut berbaur dengan sesama rekan kerja. Walaupun Anda memiliki jobdesk berbeda dengan orang lain, tetaplah menjaga komunikasi.
Berbaur dengan orang lain di kantor akan membantu proses adaptasi menjadi lebih cepat. Selain itu, hal tersebut juga dapat menunjang karier karena memperoleh banyak relasi di tempat kerja.
4. Bersikap Kaku
Pada hari pertama kerja, hindari bersikap terlalu kaku, meskipun Anda belum mengenal siapapun di kantor. Jangan ragu untuk menyapa terlebih dahulu, tetapi secara sopan sehingga orang lain mau diajak berkenalan.
5. Menggunakan Pakaian Mencolok
Hal terakhir yang perlu dihindari ialah menggunakan pakaian mencolok. Apalagi kalau orang-orang mengenakan pakaian formal tentu Anda akan menjadi pusat perhatian lainnya. Jadi, kenakanlah pakaian formal supaya lebih aman.
Merasa takut atau bingung saat baru pertama masuk kerja sebenarnya termasuk wajar. Akan tetapi, beberapa tips hari pertama kerja di atas hendaknya diperhatikan demi bisa memberikan kesan positif di kantor.