Cara membuat CV yang menarik wajib dikuasai oleh para pelamar kerja. Melalui Curriculum Vitae itulah pihak HRD akan mengambil keputusan apakah kamu layak dipanggil untuk wawancara atau tidak.
Curriculum Vitae sendiri merupakan dokumen berisi daftar riwayat hidup pelamar kerja. Dokumen tersebut berguna sebagai gambaran diri seorang pelamar sebelum diputuskan untuk lanjut ke tahap berikutnya.
Berdasarkan uraian tersebut, diketahui bahwa CV memiliki peranan penting dalam melamar pekerjaan sehingga perlu dibuat sebaik mungkin. Dengan demikian, potensi kamu diterima di suatu perusahaan juga semakin besar.
Growdo.id merupakan platform persiapan memasuki dunia kerja yang berfokus dalam memberikan informasi persiapan memasuki dunia kerja. Growdo.id pun fokus pada memberikan layanan berupa pembuatan Curriculum Vittae, Simulasi Interview Kerja, Assessment Pra-Kerja, Konsultasi Karier dan Mentoring Siap Masuk Kerja.
Seperti Ini Cara Membuat CV yang Menarik
Pada umumnya, daftar riwayat hidup berisikan informasi seputar identitas diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan pengalaman organisasi. Selain itu, bisa juga ditambahkan beberapa skill yang kamu kuasai.
Menyiapkan CV merupakan langkah pertama sebelum bekerja. Dokumen tersebut menjadi syarat wajib di berbagai perusahaan sehingga harus disiapkan dengan baik. Beberapa hal berikut perlu diperhatikan untuk membuat CV yang menarik.
- Pahami Isinya Terlebih Dahulu
Cara membuat CV dimulai dengan memahami apa saja yang perlu dicantumkan di dalamnya. Kamu bisa memasukkan data diri, gambaran singkat diri, pendidikan, pengalaman bekerja dan organisasi, serta skill yang dikuasai.
- Buat Desain Sederhana, tetapi Menarik
Desain menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Usahakan membuat desain sederhana, tetapi tetap terlihat menarik. Perhatikan setiap penggunaan font beserta ukurannya. Selain itu, hindari juga adanya salah ketik di dalamnya.
- Jelaskan Pengalaman Bekerja Kamu
Cara membuat CV selanjutnya ialah menjelaskan pengalaman bekerja secara detail. Jelaskan posisi beserta tanggung jawab yang pernah dikerjakan pada pekerjaan sebelumnya. Dengan begitu, HRD bisa menilai kapasitas kamu.
Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pengalaman organisasi atau kegiatan yang pernah diikuti. Usahakan pengalaman tersebut relevan dengan posisi yang dilamar sebagai nilai jual kamu.
- Cantumkan Skill yang Dimiliki
Mencantumkan skill merupakan suatu hal penting di dalam Curriculum Vitae. Masukkan beberapa hard skill kamu, seperti kemampuan dalam mengoperasikan Microsoft Office, mendesain, mengedit video, berbahasa asing, dan sebagainya.
Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa soft skill sebagai atribut tambahan. Beberapa contohnya adalah kemampuan kepemimpinan, kerja sama tim, manajemen waktu, penyelesaian masalah, dan public speaking.
- Tambahkan Akun Media Sosial
Cara membuat CV terakhir yang perlu diperhatikan ialah menambahkan informasi media sosial. Beberapa media sosial, seperti LinkedIn, Instagram, hingga Facebook bisa ditambahkan. Buatlah medsos kamu lebih menarik sebagai nilai tambah.
Perlu dicatat bahwa CV merupakan daftar riwayat hidup berdasarkan keadaan sebenarnya. Artinya, jangan sampai kamu melebih-lebihkan informasi yang tidak sesuai kebenaran karena bisa jadi akan ketahuan. Usahakan mempersiapkan CV secara jelas agar mudah dipahami pihak HRD. Tidak perlu khawatir, cara membuat CV kini semakin mudah karena banyak platform yang bisa dimanfaatkan, seperti Professional CV Maker by Growdo, Canva, Microsoft Word, dan sebagainya.