Interview kerja gagal sering dialami para pelamar. Kegagalan ini memicu berbagai reaksi, seperti kecewa, ada juga yang meninjau kembali kesalahannya. Reaksi inilah yang harus ditanggulangi pertama kali saat gagal.
Selain harus pandai melatih manajemen emosi, akan tetapi pelamar harus pandai melakukan manajemen kegagalan. Bagaimana mengelola kegagalan inilah yang disebut manajemen kegagalan. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan manajemen kegagalan.
Hal pertama yang harus dilakukan supaya sukses manajemen kegagalan adalah mengetahui penyebab kegagalan itu sendiri. Bila masih belum memahaminya, kamu bisa menyimak penyebab kegagalan interview berikut.
Growdo.id merupakan platform persiapan memasuki dunia kerja yang berfokus dalam memberikan informasi persiapan memasuki dunia kerja. Growdo.id pun fokus pada memberikan layanan berupa pembuatan Curriculum Vittae, Simulasi Interview Kerja, Assessment Pra-Kerja, Konsultasi Karier dan Mentoring Siap Masuk Kerja.
Hal-Hal Penyebab Interview Kerja Gagal
Interview kerja adalah segelintir proses seleksi karyawan. Setelah dinyatakan gagal, banyak pelamar penasaran apa penyebab dirinya tidak masuk kualifikasi. Perhatikan hal-hal penyebab kegagalan interview berikut ini.
Tidak menjelaskan visi secara jelas
Berbagai pertanyaan dalam proses interview tentunya sangat beragam. Bahkan pelamar sering mendengar pertanyaan klise seperti “Bagaimana kamu memandang diri sendiri dalam lima tahun ke depan?”
Namun pertanyaan tersebut sebetulnya cara recruiter menilai apakah ada perencanaan karir matang dalam diri kamu. Jika pelamar tampak kesulitan menjawabnya atau bertele-tele maka bisa dipastikan interview kerja gagal.
Tidak merespon
Perusahaan yang meloloskan pelamar ke proses selanjutnya tentu mengharapkan ucapan berupa terima kasih. Tidak lain isinya adalah keinginan kamu bergabung sebagai tim dalam perusahaan tersebut.
Overqualified
Apabila di perusahaan sebelumnya sudah melakukan pekerjaan lebih maju, maka perusahaan yang dilamar akan menolak kamu. Hal ini menjadi penyebab interview kerja gagal karena perusahaan membutuhkan calon pegawai yang merasa tertantang.
Tidak riset profil perusahaan
Seringnya para pelamar tidak melakukan riset tentang perusahaan yang dilamar, atau sekedar mengetahui jobdesk pada posisi dilamar. Sehingga kamu kebingungan dan tidak menunjukkan antusiasme selama proses wawancara.
Cara Manajemen Kegagalan saat Gagal Interview
Setelah memahami beberapa penyebab interview kerja gagal, kamu tidak perlu berputus asa. Sebab beberapa hal dibawah ini bisa mengobati rasa kecewa akibat kegagalan saat interview kerja, simak cara manajemen kegagalan berikut.
Evaluasi diri sendiri
Hal pertama yang harus dilakukan saat menyadari kamu gagal di proses wawancara adalah mengevaluasi diri sendiri. Ingat-ingat pada bagian mana kamu melakukan kesalahan. Namun pastikan jangan terperangkap pada penyesalan.
Upgrade diri
Salah satu cara mendapatkan perusahaan impian adalah mempunyai skill yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Bila kamu merasa belum punya pengalaman cukup, maka ikuti kelas online untuk upgrade skill.
Minta saran
Bila interview kerja gagal sharing pada orang yang expert dalam bidangnya. Mintalah saran tentang cara menjawab pertanyaan recruiter yang tepat. Saran dari orang yang tepat akan membantu mendapatkan pekerjaan impian.
Kumpulkan relasi
Salah satu cara membangun relasi bisa dengan membuat CV online di LinkedIn. Dari platform tersebut, kamu bisa memiliki banyak kenalan baru sehingga kesempatan mendapat pekerjaan impian terbuka lebar. Jangan berkutat menyalahkan diri sendiri saat gagal dalam proses wawancara. Bila gagal, berhentilah sejenak kemudian coba lagi. Tetap bersemangat dan tingkatkan kemampuan agar interview kerja gagal tidak terulang kembali.