Saat ini banyak sekali perusahaan open recruitment dan kamu memerlukan tips melamar kerja via email yang tepat agar bisa diterima. Sebab masih banyak sekali masyarakat belum mengetahui teknis pengiriman lamaran secara baik ketika menggunakan email.
Hal ini menjadi salah satu informasi penting untuk diketahui agar kesempatan kamu sebagai kandidat lebih tinggi. Pastinya perusahaan atau HRD akan menyukai individu berpengetahuan luas bahkan dari cara pengiriman email saja.
Sebab dalam prosesnya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa etika maupun penyusunan, yang wajib dipenuhi agar bisa menarik HRD perusahaan tersebut. Namun kamu tidak perlu khawatir karena penjelasannya terangkum secara lengkap disini.
Growdo.id merupakan platform persiapan memasuki dunia kerja yang berfokus dalam memberikan informasi persiapan memasuki dunia kerja. Growdo.id pun fokus pada memberikan layanan berupa pembuatan Curriculum Vittae, Simulasi Interview Kerja, Assessment Pra-Kerja, Konsultasi Karier dan Mentoring Siap Masuk Kerja.
Tips Melamar Kerja Via Email Secara Tepat Diketahui
Kini salah satu metode pengiriman surat lamaran kerja paling populer adalah melalui email. Hal ini menjadi salah satu metode yang sudah diterapkan oleh sebagian besar perusahaan di seluruh dunia. Sehingga pastikan sebagai kandidat kamu memahaminya dengan baik.
Email juga biasa disebut dengan istilah surat elektronik dan telah menjadi salah satu metode komunikasi formal sejak lama. Hal tersebut juga termasuk salah satu tips melamar kerja via email, yang banyak digunakan selama proses perekrutan. Di mana tipsnya seperti berikut:
Email Profesional
Tips pertama yaitu gunakan alamat email profesional sesuai dengan nama kamu. Hindari menggunakan nama aneh atau alay karena akan sangat berpengaruh terhadap citra dan penilaian diri kandidat. Tentunya hal tersebut juga tidak menggambarkan profesionalitas.
Tentunya HRD memiliki banyak waktu untuk mengecek atau melihat lamaran kerja tiap kandidat. Sehingga jika kesan pertamanya saja sudah tidak enak dilihat otomatis HRD enggan untuk melihat dan membaca dokumen tersebut.
Gunakan CV Berkualitas
Tips melamar kerja via email berikutnya tentunya dalam hal dokumen penting seperti CV. Dalam hal ini setiap individu perlu memperhatikan cara pembuatan CV yang baik dan benar. Pastikan CV sudah berkualitas dan profesional sehingga bisa menembus proses administrasinya.
Lampirkan Kelengkapan Dokumen
Perhatikan kelengkapan dokumen pada lowongan pekerjaan. Pastikan untuk menyertakan seluruh dokumen persyaratan secara lengkap sesuai dengan syarat tersebut. Hal ini menjadi point penting dan wajib dilakukan demi kelancaran prosesnya.
Tulis Subjek dengan Jelas
Tips melamar kerja via email berikutnya adalah menuliskan subjek secara jelas. Banyak orang berpendapat bahwa hal ini adalah masalah sepele sehingga sering ditinggalkan. Padahal hal ini menjadi salah satu point penting untuk melihat pengetahuan dan profesionalitas kamu.
Perlu diketahui juga bahwa HRD cenderung melihat secara keseluruhan. Sehingga urutan penting awal yang harus dipenuhi adalah subjek email. Biasanya format tersebut akan menampilkan posisi dan nama lengkap saja.
Perhatikan Cover Letter
Cover letter adalah salah satu dokumen penting untuk menunjukkan tingkat profesionalitas kamu. Hal ini biasa disebut surat pengantar dan pelengkap dokumen CV.
Tulis Salam Penutup dan Pembuka dengan Baik
Terakhir adalah pahami kaidah penulisan email lamaran pekerjaan secara baik. Dalam hal ini calon kandidat tidak boleh melupakan komponen salam pembuka dan penutup dalam surat. Sebab hal ini juga termasuk sopan santun pengiriman untuk dilakukan.
Ketika seluruh tahapan sudah dilakukan kamu bisa mengirimkan surat lamaran tersebut menggunakan email. Pastinya dengan menerapkan tips melamar kerja via email di atas membuat potensi diterima menjadi besar.